Jarak Terjauh dari Dua Bilangan : 0 dan 1

Aku mulai berpikir tentang ini waktu aku menonton filmnya Tom Hardy berjudul Locke. Film tahun keluaran tahun 2013 ini mengisahkan tentang seorang manager konstruksi bernama Ivan Locke yang baru saja pulang dari lokasi proyek. Dalam perjalanan itulah, dia, dalam satu malam, akan mengambil keputusan besar dalam hidupnya : meninggalkan seluruh reputasi dan karir yang telah dibangunnya serta merelakan rumah tangganya hancur demi satu hal, bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuatnya. Dia lebih memilih pergi ke persalinan wanita yang tidak sengaja dia hamili di luar kota. Semua hanya terjadi dalam satu malam.
Percakapan yang paling memorable dalam film ini adalah ketika Ivan Locke berbicara dengan istrinya, Katrina via telepon.

Ivan       : It was once.
Katrina : And the difference between never and once is the whole world. The difference between never and once is the difference between good and bad.

“Aku hanya sekali (melakukan kesalahan) sayang!”
Bagi Katrina, ada perbedaan yang sangat besar antara tidak pernah (0) dan sekali (1). Sedangkan jarak antara sekali (1) dan dua kali (2) atau seratus kali (100) sekalipun tidak banyak perbedaannya karena angka tersebut sama2 dalam kuadran “pernah melakukan” atau “ada”.
Jadi 0 adalah lambang dari ketiadaan, dan 1 adalah pintu masuk bagi eksistensi. Kita tidak bisa menuju ke 2 atau ke 3 tanpa melewati 1. Dan bagiku jarak antara ketiadaan dan permulaan eksistensi itulah jarak terjauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.