Kesalahan-Kesalahan yang Banyak Dilakukan oleh Blogger Pemula

Seringkali para blogger pemula di awal perjalanan blognya sering tidak paham dengan cara ngeblog yang baik. Ia biasanya tidak memperhatikan apa yang ada di websitenya tanpa pertimbangan ini itu. Jika anda sudah bukan pemula, maka anda sebaiknya berhenti membaca sampai di sini. Namun jika anda masih merasa “pemula”, maka anda boleh belajar dan mempraktekkan ilmu ini demi “keindahan” blog anda.
Inilah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para blogger pemula :

Konten blog copy paste semua

Konten copy paste dari website lain seperti sudah biasa terjadi di kalangan blogger. Memang biasanya blogger pemula malas untuk menulis blognya sendiri. Tapi itu sah-sah saja ketika masih belajar, yang penting dicantumkan kode sumbernya. Namun adakalanya blogger juga harus belajar untuk menulis sendiri blognya, mungkin bisa dipisah atau jadi satu dengan blog copy paste tersebut. Kalau anda bukan termasuk golongan ini (menulis sendiri blog anda) maka anda sebaiknya membaca yang di bawah ini.

Menggunakan kata-kata “lebay”

Biasanya para blogger pemula yang menulis sendiri konten blognya cenderung menggunakan kata-kata “lebay” dan sulit untuk dibaca. Misalnya “aku” ditulis “aq”, menggunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka maupun simbol, misalnya anda menulis “LeB@y loE!!”. Ya memang itu hak asasi pemilik blog, blognya mau dibuat seperti apa. Namun blog itu terkesan tidak rapi bukan? Mungkin orang yang membacanya akan langsung menutup tab browser atau mengklik tombol Back dan takkan kembali lagi 🙂

Blog jarang diurus

Blogger juga tak bisa harus di depan komputer terus dan selalu update. Namun setidaknya sempatkan waktu untuk menulis, baik menulis apapun tentang anda. Bisa anda tulis dulu di Microsoft Word atau notepad/wordpad lalu dicopy paste ke blog anda ketika anda online. Atau bisa juga anda langsung menuliskan konten langsung jika anda terkoneksi internet. Yang penting selalu sempatkan waktu paling tidak 3 kali seminggu atau lebih sering lebih baik. 🙂

Menggunakan template yang tidak relevan dan apa adanya

Setelah anda mendaftar blogspot biasanya anda ditawarkan template default yang bisa dicustomize. Memang tidak salah anda menggunakan fitur mengedit template sendiri, namun menurut saya lebih indah jikalau anda download template gratisan yang tersebar di internet, misalnya situs yang menyediakan template gratis adalah BTemplates.com atau anda bisa cari sendiri di google. Di situ tersedia banyak sekali template yang bagus dan elegan untuk blog anda. Namun dalam pemilihan template, kadang para blogger pemula tidak peduli apakah tulisannya mudah dibaca orang atau tidak, atau relevan dengan isinya atau tidak. Blogger ini cenderung lebih memilih templates yang mewakili dirinya, bukan mewakili tulisannya. Jika blog anda tidak mudah dibaca orang atau tidak relevan dengan isinya, maka saatnya anda ber-“revolusi” untuk membuat blog anda lebih friendly. Selain itu template juga berpengaruh pada kecepatan membuka blog. Kalau template anda berisi gambar-gambar yang ukurannya besar, maka anda sama saja menyiksa mereka yang bandwitch internetnya kecil. Sebaiknya gunakan template yang sederhana namun powerful.

Menggunakan font yang unik dan sulit dibaca

Memang tidak banyak blogger yang seperti ini, karena umumnya pada template default fontnya masih normal, misalnya Arial atau Times New Roman. Namun ada pula template-template tertentu yang gelap, tulisannya terlalu bervariasi bentuknya sehingga sulit dibaca. Mungkin menurut anda itu sesuatu yang unik dan mempunyai cita rasa seni, namun bagi pengunjung blog, itu malah menyulitkan mereka dalam membaca informasi di blog anda.

Menggunakan domain terlalu panjang, tidak relevan, dan sulit diingat

Jika teman anda mempunyai 2 blog berbeda, misalnya angelscry-bysid.blogspot.com atau katakita.blogspot.com, anda lebih mudah ingat yang mana? Tentu anda sependapat dengan saya kalau blog yang kedua lebih mudah diingat. Tapi selain mudah diingat, nama domain juga harus relevan dengan isi blognya. Seringkali kita hanya memikirkan apa yang diinginkan diri sendiri dan tidak peduli dengan siapa pengunjung blog kita. Dalam memilih domain, para blogger pemula cenderung mencari alamat blog yang mewakili dirinya. Itu sah-sah saja, namun yang terpenting adalah nama itu mudah diingat dan mudah dibaca. Untuk mengetesnya, cobalah ketikan alamat blog anda sendiri, apakah anda merasa terlalu panjang atau tidak. Untuk beberapa kasus, mungkin saja alamat yang anda pikirkan sudah dipakai orang lain. Disini ditawarkan 3 opsi terbaik, yaitu agak memperpanjang nama blog anda namun masih mudah dibaca, menggunakan nama lain yang unik tapi tetap relevan, atau anda membeli domain sendiri di tempat registrasi domain. Untuk tempat registrasi domain, saya sarankan untuk mendaftar di IDWebhost.com. Di IDWebhost, harga domain bisa dilihat disini jika anda mensettingnya sendiri atau jika anda malas mensettingnya, dengan 95ribu rupiah anda sudah mendapat domain dan disettingkan pihak IDWebhost (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Kalau yang paket blogspot ini anda bisa registrasi disini.

Menampilkan terlalu banyak widget yang berat

Widget merupakan konten yang terdapat pada bagian samping konten utama. Biasanya anda bisa menyisipkan apapun seperti pengikut, script, text, artikel terbaru, komentar terbaru, dan sebagainya. Biasanya para blogger pemula tidak memikirkan manfaat widget yang dipasangnya, dan akibatnya widget-widget tertentu dapat membuat kecepatan membuka blog anda menjadi lebih berat. Misalnya anda menyisipkan jam flash, atau video youtube yang otomatis buffering ketika dibuka, atau widget mp3 player yang otomatis dimainkan ketika membuka blog, itu yang berpeluang membuat blog anda ditinggal para pembaca anda.

Ukuran gambar terlalu besar dan tidak dikompres

Ketika anda menyisipkan suatu gambar, ada baiknya kalau gambar itu sebelumnya dikecilkan ukurannya atau kalau perlu dikompres kualitas gambarnya supaya tidak berat ketika dibuka. Ekstensi file pun juga perlu diperhatikan. Sebaiknya anda menggunakan ekstensi .png daripada .jpg, atau apabila gambar anda terdiri dari warna kontras (seperti vektor), sebaiknya anda memakai ekstensi .gif.

Tidak menggunakan read more

Read more adalah fasilitas yang memungkinkan anda menyingkat artikel anda di halaman utama dengan kata read more. Dengan artikel yang disingkat anda ada 3 keuntungan yang anda dapatkan, yaitu dapat meningkatkan page views blog anda, membuat blog lebih rapi, dan membuat pengunjung anda lebih penasaran dengan artikel anda.

Menghapus credit atau link pembuat templates

Jika anda mendownload template dari tempat lain, di bagian footer atau paling bawah biasanya terdapat tulisan yang disebut credit, yang juga memuat link ke pembuat tema atau penyedia tema tersebut. Adakalanya para blogger pemula menghapusnya agar seperti template buatan sendiri, namun pernahkah anda bayangkan susahnya membuat template lalu anda hilangkan nama pencipta asli template tersebut? Sama saja anda tidak menghargai pembuat template.

Membuat title secara default

Memang ini tidak terlalu penting, namun dengan ini anda bisa lebih menjadikan blog anda disenangi google. Pilih kata-kata yang lebih panjang dari judul blog anda, tapi jangan lebih dari 60 karakter karena pada hasil pencarian google, judul blog yang disediakan tidak lebih dari 60 karakter. Anda bisa mengeditnya lewat Rancangan –> Edit HTML –> Cari teks yang diapit oleh <title>teks</title> lalu edit teks itu sesuai judul yang anda inginkan.

—————————————————————-

Tips ini memang tidak mutlak bagi anda yang masih blogger pemula, namun ada baiknya mengikuti saran ini supaya pengunjung lebih betah ke blog anda. Sebenarnya masih banyak tips yang ada namun tidak bisa dijabarkan satu persatu di sini, namun dengan ini mudah-mudahan kita dapat belajar lagi agar wawasan kita semakin luas. Sebenarnya penulis juga masih pemula, kurang ilmunya, namun penulis selalu belajar untuk menjadi blogger profesional di masa yang akan datang.

Selamat ngeblog ria!

Incoming search terms:

  • cara edit gambar banyak dipisah jadi png

30. Agustus 2012 by yogaprawira
Categories: Website | 4 comments

Comments (4)

  1. Sampai sekarang masih belom bisa bikin readmore. semua tutorial di google gak ada yg ampuh

  2. ‘Website jarang diurus’. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan, termasuk Saya sendiri hehehe 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked *